Social Icons

Senin, 29 Mei 2017

Riau Juga Punya Air Terjun Loh !

SEGARNYA AIR TERJUN TANJUNG ALAI YANG TERSEMBUNYI


Hai hai semuaa....
Salam Traveler !

Kali ini saya akan membagikan tempat wisata di Riau yang pastinya gak kalah dengan kota-kota lainnya.

Nah, disini saya akan memperkenalkan Air terjun di Riau yang belum banyak diketahui oleh orang-orang Riau sendiri hehe.. Ternyata bukan dikota-kota terkenal saja loh yang ada air terjunnya, di Riau juga ada kok ! Sebelum masuk ke inti pembicaraan, saya akan memperkenalkan tempat wisata ini dengan cara bercerita sekalian berbagi pengalaman dan sensasi saya selama berada disana . Here we gooo !

Pada awalnya, kami tidak ada yang berencana untuk pergi berwisata. Namun tiba-tiba ada salah seorang teman saya yang mengajak untuk pergi berwisata dikarenakan beberapa hari kedepan ada libur yang cukup panjang (selama 4 hari). Nah, seketika saya pun menjadi bersemangat dan menanggapi ajakannya . Namun, saya bingung karena sudah cukup bosan dengan tempat wisata yang ada di Pekanbaru, saya ingin merasakan tempat wisata yang asik dan pemandangannya indah.  Dan benar saja, ternyata teman saya menyarankan berwisata ke air terjun di Tanjung Alai yang berada di Kampar. Jujur, saya baru tahu kalau di Riau ada Air terjun hehehe...

Jadi, tanpa basa basi, 2 hari kemudian kami langsung bersiap-siap pergi ke Air terjun Tanjung Alai. Kami mempersiapkan beberapa perlengkapan sederhana seperti pakaian ganti, peralatan mandi, uang, bekal dan beberapa snack. Berangkat dari pukul 10 pagi dari pekanbaru menggunakan mobil teman saya, kami siap meluncur menuju Air terjun yeaah...

Kami pergi ber-6, meskipun tidak terlalu ramai, rasa kebersamaan dan keseruan tetap saya rasakan. Selama diperjalanan, kami memutar lagu-lagu favorite , sesekali mendengarkan radio untuk menghilangkan rasa jenuh. Jarak  dari Pekanbaru ke tempat tujuan cukup jauh, kami menghabiskan waktu 3 jam perjalanan darat ,untung saja perjalanan kami mulus tanpa ada terkena macet.

Sampailah kami ditempat tujuan kira-kira jam 1 siang, matahari tepat diatas kepala kami, terasa panas dan keringat bercucuran apalagi untuk menuju ke air terjun tersebut kami harus berjalan menurun kira-kira 500 meter.

For your information, Air terjun  ini  terletak di Tanjung Alai, Koto Kampar, di Kabupaten Kampar. Sebenarnyaair terjun ini sudah ada sejak lama, namun tidak banyak yang mengetahuinya karena posisinya yang terpencil dan sulitnya akses kendaraan menuju kesana.

Disini kita harus membayar uang masuk dulu sebesar Rp.5000,- per orang nya.  Sesampainya di Air terjun, kami disuguhkan oleh pemandangan yang menarik, disekitar air terjun banyak warga yang mendirikan gazebo untuk tempat beristirahat dan menitipkan barang-barang, ada juga beberapa anak-anak yang asik bermain dan melompat dari atas air terjun menuju kebawah, sangat menakjubkan ! . Suasana ala air terjun yang sejuk pun mengalahkan panasnya matahari, apalagi disini terdapat banyak pepohonan yang cukup menghalangi sinar matahari. Seketika rasa lelah kami pun berganti dengan energi dan semangat untuk segera mencoba berenang disini.



Langsung saja kami meletakkan barang-barang bawaan di gazebo yang disewakan warga dengan harga Rp.10.000,- .Tanpa basa-basi lagi kami langsung mengganti baju dan berenang menuju air terjun. Diluar dugaan saya, air disini sangatlah dingin , sampai mengigil heheh ,padahal hari sudah siang. Jadi, kami kebanyakan duduk dibebatuan sambil sesekali berendam.




Oh iya, airnya berwarna kecoklatan karena berasal dari tanah dasarnya yang berwarna kuning loh. Airnya tetap bersih dan tidak berbau, hanya warnanya saja yang tidak bening.

Kami tidak menyia-nyiakan momen ini, kami berfoto dan merekam beberapa video. Petualangan yang tidak sia-sia, pokoknya seru banget, kalian harus coba datang kesini, dijamin gak nyesel !





Hari sudah menunjukkan pukul setengah 5 sore, kami harus segera bersiap-siap pulang agar tidak kemalaman saat perjalanan pulang. Hmm, seharusnya kami harus datang lebih awal lagi agar bisa berlama-lama disini L .

Dan ternyata, kami tetap kemalaman ditengah perjalanan, untuk kalian yang berkendara di malam hari saat melintasi daerah Kampar-Pekanbaru, harus berhati-hati ya, karena banyak mobil besar yang melintas di arah yang sama.


Naah, sekian dulu review mengenai Air terjun Tanjung Alai ini, untuk kalian yang mau merasakan air terjun khas Provinsi Riau wajib kesini. Dengan biaya yang murah kalian akan disuguhkan sensasi yang segar dan pemandangan yang menyejukkan ala Air terjun, dijamin kalian tidak akan menyesal. So, tunggu apalagi, siapkan jadwal untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Sekian, Salam Petualangan !


Lokasi                       :
Tj. Alai, XIII Koto Kampar, Kab. Kampar. Riau
Durasi Perjalanan   :
3 Jam (dari Pekanbaru)
Biaya yang dikeluarkan             :
Rp.5.000(Uang Masuk)
Rp.5.000  (Jasa Parkir)
Rp. 10.000 (Sewa Gazebo)







Sumber foto sampul : infopku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengunjung

“Why do you go away? So that you can come back. So that you can see the place you came from with new eyes and extra colors. And the people there see you differently, too. Coming back to where you started is not the same as never leaving.”
Terry Pratchett, A Hat Full of Sky
 
Blogger Templates