Social Icons

Senin, 29 Mei 2017

8 Tips Traveling Hemat

Sumber : travelovu.com

Para traveler sejati bisa mengunjungi tempat-tempat yang bagus biasanya berasal dari kepandaiannya untuk mengatur keuangan selamaperjalanan. Biasanya, bagi traveler amatir, biaya adalah sesuatu yang menjadi patokan utama dalam bepergian, dan biaya juga sangat memengaruhi keputusan saat berada diperjalanan nantinya.

Sebelum bepergian, kamu merencanakan untuk membeli perlengakapan seperti tas travel, tongsis, jaket kamera dan sebagainya. Meskipun kamu mendapatkan tiket pesawat atau penginapan dengan harga promo, kamu tetap tidak akan lepas dari biaya sehari-hari seperti membeli makanan atau oleh-oleh.

Padahal, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan anggaran yang ada saat sedang berwisata. Di bawah ini ada delapan cara sederhana untuk menghemat uang saat traveling :


Merencankan perjalanan dengan teliti

Sumber : upgradedpoints.com

Sebaiknya perjalanan wisata haruslah direncanakan dengan matang. Meskipun terkadang traveling dadakan lebih seru dan menantang, namun hal tersebut tidaklah tepat apabila kamu ingin menghemat uang. Nah, untuk menghemat budget, kamu harus menyiapkan perencanaan yang matang dari awal perjalanan hingga akhir. Perencanaan yang dilakukan meliputi transportasi yang digunakan, destinasi wisata yang menarik namun murah, hingga tempat makan yang sesuai budget yang kamu miliki.

Dan apabila kamu merencanakan berlibur keluar kota dari jauh hari, besar kemungkinan untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah. Lumayan untuk mengurangi pengeluaran kamu hehe. Menurut riset dari korporasi penerbangan, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat yang murah adalah 6-8 minggu sebelum waktu keberangkatan. Jadi paling tidak kamu harus melakukan pemesanan 2 sampai 3 bulan dari masa keberangkatnmu.



Cari daftar penginapan termurah atau hubungi kenalan mu untuk mendapat tumpangan menginap
Sumber : ragamtempatwisata.com


Selama melakukan traveling, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat-tempat wisata daripada diam di penginapan. Jadi untuk menghemat biaya, kamu tidak perlu mencari hotel atau penginapan mewah yang bisa membuat pengeluaran membludak. Pintar-pintarlah mencari penginapan termurah atau gratis. Jika memang punya, akan lebih baik menghubungi teman atau kerabat yang tinggal di daerah kunjunganmu.

Jangan membeli souvenir, oleh-oleh, dan snack di tempat wisata karena harganya bisa jauh lebih mahal dari tempat lain
Sumber : wego.co.id

Membeli oleh-oleh dan souvenir merupakan keharusan saat kita berkunjung kesuatu daerah. Souvenir dan makanan khas yang disediakan biasanya sangat menarik dan sulit didapati didaerah lain. Namun, perlu kamu ketahui bahwa harga oleh-oleh atau souvenir yang dijual di kawasan wisata memiliki harga yang tidak wajar. Apalagi jika kamu pergi berlibur saat weekend atau libur panjang, harganya akan sangat mahal. Sebagai alternatif tempat berbelanja yang lebih murah, kamu bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan di pusat oleh-oleh atau pasar tradisional. Tidak hanya harganya yang akan jauh lebih murah, pilihannya juga pasti lebih banyak.


Mencoba makanan lokal tanpa harus ke restoran mahal
Sumber : muhamadadhitya.wordpress.com

Di daerah wisata, pastinya banyak penduduk lokal yang menyediakan makanan atau minuman khas daerah setempat. Selain harganya dijamin murah, dengan menikmati makanan dari pendagang-pedangan lokal, kamu bisa bertemu dengan banyak penduduk setempat untuk mendapatkan cerita-cerita seru tentang tradisi atau budaya mereka. Jadi, selain dapat mendukung pengusaha kuliner lokal, secara tidak langsung kamu pun bisa menyimpan sisa biaya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lain.

Pastikan ada aplikasi traveling dan peta di ponselmu
 
Sumber : travel.tribunnews.com
Untuk mengetahui daerah wisata mana saja yang bisa kamu kunjungi, aplikasi dan peta yang dapat digunakan offline akan sangat membantu bagi perjalananmu. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya mencari tahu aplikasi yang tepat sekaligus bisa menjadi pemandu wisata gratis bagimu. Aplikasi yang kamu butuhkan misalnya, aplikasi yang bisa memudahkanmu membuat daftar barang-bararang yang kamu butuhkan. Atau aplikasi yang dapat memberi tahu rekomendasi tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi serta informasi terkait jam buka atau harga tiket masuk.

Membawa makanan yang tahan lama untuk dimakan saat melakukan traveling
 
Sumber : verifiedforskolin.com
Selain harga penginapan, harga makanan di tempat wisata pasti juga ikut-ikutan naik level. Tapi tenang, kamu bisa mengakalinya dengan membawa beberapa makanan yang tahan lama selama perjalananmu. Misalnya, biskuit, mie instan, sereal, atau makanan lain yang menurutmu tahan lama. Selain bisa mengurangi anggaran, hal ini juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang muslim dan khawatir akan kehalalan makanan di tempat tujuanmu. Kamu pun tak perlu pusing jika penginapanmu tidak menyediakan sarapan.


Liburan bersama grup
 
Sumber : jakartarentbus.com
Melakukan solo traveling kadang memang menyenangkan, kamu bisa bebas bertualang sesuka hati tanpa menunggu keputusan orang lain. Namun, melakukan perjalanan seorang diri tentunya akan mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk biaya perjalanan. Berbeda halnya jika sebelum melakukan perjalanan kamu mengumpulkan massa untuk turut bergabung dalam wisata yang akan kamu lakukan. Selain akan lebih menyenangkan, biaya yang kamu keluarkan bisa jauh lebih sedikit dibanding ketika melakukan perjalanan pribadi. Misalkan, ketika kamu berlibur ke sebuah pulau, kamu bisa patungan untuk menyewa kapal/boat. Atau saat memesan makanan, kamu bisa membeli porsi besar yang harganya cenderung lebih murah.

Mengurangi pengeluaran ‘remeh’
 
Sumber : kpud-kedirikab.go.id
Tanpa disadari, mungkin kamu mengeluarkan uang untuk melaundry baju, membayar parkir, atau membeli air minum kemasan. Jika kamu bisa mencuci baju dan mengambil air minum di penginapan, kamu bisa menghemat hingga lima puluh ribu sehari, lho! Jika memungkinkan, kamu pun bisa menyiasati dengan parkir di satu tempat lalu mengunjungi tempat-tempat wisata dengan berjalan kaki. Atau kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan angkutan umum jika biayanya lebih hemat daripada menyewa motor atau mobil.


Hemat tidak berarti kamu tidak bisa membelanjakan uang untuk barang-barang yang kamu inginkan. Asal bisa mengatur keuangan dengan baik dan memanfaatkan fasilitas-fasilitas publik serta mengikuti tips-tips di atas, dijamin berhemat juga dapat membuat liburanmu menyenangkan. Kebanyakan traveler berhasil mengunjungi tempat-tempat keren yang mereka inginkan bukan karena mereka punya banyak uang, hanya saja mereka bisa mengatur keuangan dengan baik selama perjalanan.

Disadur dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengunjung

“Why do you go away? So that you can come back. So that you can see the place you came from with new eyes and extra colors. And the people there see you differently, too. Coming back to where you started is not the same as never leaving.”
Terry Pratchett, A Hat Full of Sky
 
Blogger Templates